Minggu, 27 Oktober 2013

MENU BUNGA ROSELLA
MENCEGAH STROKE


Moch. Agus Krisno B, Tegar Istrada
Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318

Abstract

Stroke is a neurological dysfunction that occurs suddenly due to the blood supply to a part of the brain to the blood to the brain is disrupted, lack of blood flow and oxygen led to a series of biochemical reactions, which can damage or kill nerve cells in the brain causing klumpuhan limbs, speech impairment, impairment of consciousness. (infostroke).
Rosella or hemp, which is widely known by the public for this is the tree that fiber can be used as a jute sack. However, several years fiber bags made of roselle has been supplanted by a bag made of plastic material. Not many people know that the tree Rosella was not only the fiber that can be taken, but from the root, stem, fiber, leaves, petals, and seeds can all be useful..
It is said Rosella florida cranberry origins are from West Africa, but now in many tropical countries has been much interest Rosella membudidayakan.Kelopak also have vitamin C content is very high. So as to increase body resistance against various diseases.
Processed menu is varied and Rosella Flower diverse as tea, syrup, jam, sweets and processed materials rosella flowers can be made processed foods such as jelly rosella food, beverages such as juice and fruittea rosella rosella, Coconut ice Rosella, Rosella Ice Cream.

Keyword: Stroke, brain, Oxygen, Biochemical, Fibers, beverages

Abstrak
            Stroke adalah gangguan fungsi saraf yang terjadi mendadak akibat pasokan darah ke suatu bagian otak sehingga darah ke otak terganggu,kurangnya aliran darah dan oksigen menyebabkan serangkaian reaksi biokimia,yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak sehingga menyebabkan klumpuhan anggota gerak,gangguan bicara,penurunan kesadaran.(infostroke).
Rosella atau rami, yang banyak dikenal oleh masyarakat selama ini adalah pohon yang seratnya dapat digunakan sebagai bahan karung goni.Namun beberapa tahun ini karung yang terbuat dari serat rosella telah tergusur oleh adanya karung yang terbuat dari bahan plastik.Memang tidak banyak orang tahu bahwa pohon Rosella itu bukan saja seratnya yang bisa diambil,akan tetapi dari akar,batang,serat,daun,kelopak bunga,dan biji semua dapat bermanfaat.
Konon asal muasalnya Rosella florida cranberry adalah dari Africa Barat,namun kini diberbagai Negara tropis sudah banyak juga yang membudidayakan.Kelopak bunga Rosella punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi.Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.
Menu Olahan Bunga Rosella sangatlah variatif dan beraneka ragam seperti teh, sirup, selai, manisan serta bahan olahan bunga rosella dapat dibuat makanan olahan seperti jelly food rosella, minuman seperti jus rosella dan fruittea rosella. Es kelapa Rosella, Rosella Ice Cream



PENDAHULUAN
Stroke umumnya disebabkan oleh suatu hemmorrhage (kebocoran darah atau leaking blood) atau suatu gumpalan darah (thrombosis) dari pembuluh-pembuluh darah yang mensuplai darah ke otak. Gejala-gejala dan tanda-tanda (penemun-penemuan pada pemeriksaan fisik) pasien dievaluasi untuk menilai kersakan syaraf. Sebuah stroke dapat menyebabkan kelemahan, kesemutan/rasa geli, atau kelumpuhan dari tangan-tangan atau kaki-kaki dan kesulitan bicara dan penglihatan.
 Image
Stroke
Kelopak bunga Rosela dapat diambil sebagai bahan minuman segar berupa irup dan teh, selai dan minuman, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal, yaitu Rosela Merah. Kelopak bunga tersebut mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Asam amino yang diperlukan tubuh, 18 diantaranya terdapat dalam kelopak bunga Rosela, termasuk arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, Rosela juga mengandung protein dan kalsium. Di Malaysia, Roselle juga disebut Asam paya, Asam kumbang atau Asam susur, merupakan tumbuhan yang mempunyai keluarga yang sama dengan bunga raya/sepatu (Hibiscus rosasinensis).
Tumbuhan Roselle ada yang mengatakan berasal dari India tetapi ada juga pendapat yang mengatakan Roselle berasal dari Afrika Barat. Tumbuhan Roselle ini semula diperkenalkan di Malaysia sejak lebih dari tiga abat yang lampau. Di India Barat disebut dengan Jamaican Sorrel. Pohon Roselle tumbuh dari biji/benih dengan ketinggian yang bisa mencapai 3 – 5 meter serta mengeluarkan bunga hampir sepanjang tahun. Bunga Roselle berwarna cerah.
Sementara itu di Afrika, biji Roselle dimakan karena dipercaya mengandung minyak tertentu. Di Sudan, Roselle diproses menjadi minuman tradisional yang dinamakan Karkadeh dan merupakan minuman kebangsaan orang Sudan. Pohon Roselle adalah sejenis perdu yang mudah ditaman. Cara penanamannya dengan menggunakan biji yang kering kemudian disemai. Nama Lain: Hibiscus Sabdariffa L., H. Sabdariffa varaltissima, Rozelle, Red Sorrel, Sour-sour, Lemon bush, Florida cranberry, Oseille rouge (Perancis), Quimbombo Chino (Sepanyol), Karkadeh (Afrika Utara), Bisap (Senegal).
 Image
Hibiscus sabdariffa L.

Tumbuhan herbal ini ternyata mampu berfungsi sebagai bahan antiseptik, penambah syahwat, agen astringen. Tanaman ini juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional seperti batuk, lesu, demam, tekanan perasaan, gusi berdarah (skurvi) dan mencegah penyakit hati. Bunga Roselle banyak digunakan untuk pembuatan jus, saos, sirup dan juga sebagai bahan pewarna pada makanan. Ekstrak dari pada kuncup bunganya ternyata mampu berfungsi sebagai antispasmodik (penahan kekejangan), antihelmintik (anti cacing) dan antibakteria. Selain itu rosella ternyata mampu menurunkan kadar penyerapan alkohol. Daun tumbuhan herbal ini juga bisa digunakan untuk merawat luka, penyakit kulit dan gigitan serangga. Bahan penting yang terkandung dalam kelopak bunga Roselle : Gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan kinerja usus serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat)
Ekstrak daripada kuncup bunganya ternyata mampu berfungsi sebagai antispasmodik (penahan kekejangan), antihelmintik (anti cacing) dan antibakteria. Selain itu rosella ternyata mampu menurunkan kadar penyerapan alkohol. Daun tumbuhan herba ini juga bisa digunakan untuk merawat luka, penyakit kulit dan gigitan serangga. Di India, biji Roselle digunakan untuk mengobati penyakit kulit, kekurangan darah dan kelesuan. Bagian yang digunakan : Bunga, daun dan biji Bahan penting yang terkandung dalam kelompak bunga Roselle : Gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan kinerja usus serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat).
 Image
Kuncup bunga Rosella

Kandungan Kelopak segar Dalam 100 g : Air 9.2 g Protein 1.145 g Lemak 2.61 g Serat 12.0 g Abu 6.90 g Kalsium 1,263 mg Fosforus 273.2 mg Zat Besi 8.98 mg Karotena 0.029 mg Thiamine 0.117 mg Riboflavin 0.277 mg Niacin 3.765 mg Asid Askorbik 6.7 mg Dari penelitian terbukti bahwa kelopak bunga Roselle mempunyai efek anti-hipertensi, kram otot dan anti infeksi-bakteri. Dalam eksperimen ditemukan juga bahwa ekstrak kelopak bunga Roselle mengurangi efek alcohol pada tubuh kita, mencegah pembentukan batu ginjal, dan memperlambat pertumbuhan jamur/bakteri/parasit penyebab demam tinggi.
Kelopak bunga Roselle juga diketahui membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat kekentalan darah. Ini terjadi karena asam organic, poly-sakarida dan flavonoid yang terkandung dalam ekstrak kelopak bunga Roselle sebagai Farmakologi. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kelopak bunga Roselle mengandung vitamin C dalam kadar tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.
Konon asal muasalnya Rosella florida cranberry adalah dari Africa Barat, namun kini diberbagai Negara tropis sudah banyak juga yang membudidayakan. Kelopak bunga Rosella punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam bunga Rosella lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.Sebagai contoh,setiap 100 gr bunga Rosella mengandung 244,4mg vitamin C,dengan berat yang sama,jeruk hanya mengandung 48 mg,belimbing hanya 25,8 mg sedangkan papaya mengandung 71 mg.Selain kandungan vitamin c yang sangat tinggi,Rosella juga kaya akan mineral seperti kalsium,phosphor,potassium dan zat besi yang sangat penting untuk tubuh.Selain vitamin C,Rosella juga mengandung vitamin B1,B2,niasin dan vitamin D.Tubuh manusia membutuhkan 22 asam amino.Dari 22 ini,18 nya terpenuhi dari bunga Rosella.Dua diantaranya(Arginie dan Lysine) bila bersinergi dengan Glutamid acid (salah satu jenis asam amino)akan merangsang otak untuk menggerakkan hormon tubuh manusia(yang membuat tubuh lebih gairah dan awet muda).
Kelopak bunga Roselle juga diketahui membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat kekentalan darah. Ini terjadi karena asam organic, poly-sakarida dan flavonoid yang terkandung dalam ekstrak kelopak bunga Roselle sebagai Farmakologi. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kelopak bunga Roselle mengandung vitamin C dalam kadar tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.
HASIL LABORATORIUM KIMIA TEKNIK
Dalam 100 gr bunga Rosella mempunyai kandungan zat-zat kimia sebagai berikut:
  • Kalori 49 kal
  • H2O 84,5 %
  • Protein 1,9 gr
  • Fats 0,1 gr
  • Karbohidrat12,3 gr
  • Fiber 1,2 gr
  • Kalsium 0,0172 gr
  • Phospor 0,57 gr
  • Besi 0,029gr
  • B-karotene 3 gr
  • Asam askorbat 0,14 gr
Sedangkan untuk bunga kering terdiri dari 3 % campuran asam sitrat dan anthocyanins gossipeptin 9hydroxyflavone) dan 0,004,00,0005 %(Disadur dari James A.duke,1983,Hnbook of energy crops.Unpublished)
Dari hasil penelitian Extraksi kelopak bunga Rosella merah menggunakan air didapatkan : Nilai a + (warna merah) maximum16,17 didapatkan pada jumlah bahan 70 gram dengan pelarut 2 L dan lama ekstraksi 25 menit pada suhu 70 C
– Kade fe maximum yang didapatkan 30 ppm.
- Berdasarkan Menkes RI no.235/men.kes.par/VI/79 kadar tersebut masih memenuhi kandungan herba pada kelopak bunga Rosella dapat mengatasi berbagai macam penyakit termasuk stroke.
            Menu Olahan Bunga Rosella sangatlah variatif dan beraneka ragam teh, sirup, selai, manisan serta bahan olahan seperti :
Menu Olahan Bunga Rosella
1.Es Kelapa Rosella
 Image
Bahan
1buah kelapa muda,1 kaleng nata de coco,50 gr rosella kering, ½ kg gula pasir
1000 ml air
Cara Membuat Sirup
Didihkan 1000 ml air, masukkan 50 gr Rosella kering,Matikan api dan tutup panci sampai +/- 30 menit,Setelah seluruh rosella tenggelam, angkat seluruh rosella tersebut sampai tersisa airnya saja dalam panci tersebut kemudian masak kembali air teh rosella bersama ½ kg gula pasir.
Penyajian
Masukkan 5 atau lebih nata de coco pada gelas saji, serut daging kelapa muda,Tuangkan dengan air kelapa dan sirup rosella, Siap dihidangkan dengan tambahan es batu.
2. Rosella Fruittea
 Image

Bahan:
20 kuntum bunga rosella, seduh.200 gram strawberry segar, 2 buah jeruk lemon, 1250 cc air, 1 kaleng lengkeng, tiriskan,250 cc sirup,Es batu secukupnya
Cara Membuat Resep Minuman Rosella Fruit Tea:
Masak air hingga mendidih, masukkan bunga rosella, rebus hingga berwarna merah. angkat, saring, Belah strawberry menjadi 4 bagian, sisihkan. Belah jeruk lemon 2 bagian, iris tipis melintang.Masukkan bunga rosella ke gelas. Tuang sirup, gula batu, aduk rata, Beri strawberry, jeruk lemon, lengkeng. Aduk-aduk, Hidangkan dengan es batu.
3.Agar-agar Rosella
 Image
Bahan:
20 kuntum bunga rosella, 1 sachet agar-agar putih, 3  gelas belimbing air, Gula secukupnya
Cara Membuat Resep Agar-agar Rosella
Masak air hingga mendidih, masukkan bunga rosella, rebus hingga berwarna merah. angkat, saring, Masukkan agar-agar sachet putih kedalam air saringan bunga rosella dan didihkan lagi, Masukkan gula secukupnya sesuai selera, aduk hingga merata, Matikan api dan dinginkan selama 15 menit, Tuang agar-agar rosella ke dalam cetakan agar-agar sesuai selera, dinginkan atau taruh di lemari es,  Agar-agar siap dihidangkan.
4.      Jus Rosella
 Image
BAHAN : 1 sdm bunga rosella kering, 1 sdm gula buah, Es serut secukupnya, Air panas secukupnya, 1 buah strawberry untuk hiasan
CARA MEMBUAT : Rendam bunga rosella kering dalam air panas, selama +/- 10 menit, lalu saring dan dinginkan, Siapkan blender, masukkan es serut, 150 ml air bunga rosella dan gula buah, lalu blender hingga tercampur rata dan lembut. Siapkan gelas saji, tuangkan jus ke dalamnya. Sajikan dalam kondisi dingin dan beri hiasan buah strawberry, Untuk 1 porsi

5.      Rosella Ice Cream
 Image

Bahan : 500 ml santan dari 1 butir kelapa, 100 gram gula pasir, 150 gram ROSELLA segar, blender,50 gram tepung sagu, 1/4 sdt garam, 1 lembar daun pandan, sobek-sobek, Cetakan es loli atau cup-cup kecil
Cara Membuat :  Campur santan dengan gula pasir, ROSELLA, tepung sagu, dan garam, aduk rata. Tambahkan daun pandan, setelah mendidih, angkat, dinginkan, Tuangkan kedalam cetakan es loli atau dalam cup kecil dan simpan dalam freezer sedikitnya 3 jam hingga beku., Sajikan setelah beku dan mengeras, Untuk: 6 buah.
Pengobatan Dalam Perspektif Agama
Pengobatan adalah suatu kebudayaan untuk menyelamatkan diri dari dari penyakit yang mengganggu hidup. Kebudayaan tidak saja dipengaruhi oleh lingkungan, tetapi juga oleh kepercayaan dan keyakinan, karena manusia telah merasa di alam ini ada sesuatu yang lebih kuat dari dia, baik yang dapat dirasakan oleh pancaindera maupaun yang tidak dapat dirasakan dan bersifat ghaib. Pengobatan ini pun tidak lepas dari pengaruh kepercayaan atau agama yang di anut manusia.
ayat Al-Qur’an yang mengisyaratkan tentang pengobatan karena Al-Qur’an itu sendiri diturunkan sebagai penawar dan rahmat bagi orang-orang mukmin. “Dan kami menurunkan Al-Qur’an sebagai penawar dan rahmat bagi orang-orang yang mukmin”.(QS Al-Isra’: 82). Menurut para ahli tafsir bahwa nama lain dari Al-Qur’an yaitu “Asysyifa” yang artinya secara terminologi adalah obat penyembuh. “Hai manusia, telah datang kepadamu kitab yang berisi pelajaran dari Tuhan mu dan sebagai obat penyembuh jiwa, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”.(QS Yunus:57)
Disamping Al-Qur’an mengisyaratkan tentang pengobatan juga menceritakan tentang keindahan alam semesta yang dapat kita jadikan sumber dari pembuat obat-obatan. “Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu, seperti zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah)bagi orang-orang yang berfikir.(QS An-Nahl:11). “Kemudian makanlah dari segala(macam)buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhan-muyang telah (dimudahkan bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berfikir”.(QS An-Nahl:69).
Fenomena Stroke
Stroke yang biasa dikenal sebagai penyakit orangtua kini sudah menjadi penyakit anak muda. Riset menunjukkan bahwa penyakit stroke kini lebih didominasi oleh kaum muda daripada kaum tua. Kabar baik bagi orangtua, tapi tidak bagi yang masih ingin punya umur panjanObesitas dan hipertensi  adalah dua penyebab yang paling disalahkan. Jika dahulu stroke banyak diderita orangtua, kini orang muda yang berisiko paling tinggi menderita penyakit yang menyebabkan pendarahan di otak dan kelumpuhan organ ini
            Bunga rosella dapat digunakan sebagai bahan pembuatan teh, sirup, selai, manisan dan banyak sekali produk olahan bunga rosella..Seperti Menu Es kelapa Rosella, Rosella Fruittea, Agar-agar Rosella, Jus Rosella, Rosella Ice Cream

Kesimpulan
  1. Stroke merupakan gangguan fungsi saraf yang terjadi mendadak akibat pasokan darah ke suatu bagian otak sehingga darah ke otak terganggu,kurangnya aliran darah dan oksigen.
    1. Bunga Rosella mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi.Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.
    2. Ekstrak daripada kuncup bunganya ternyata mampu berfungsi sebagai antispasmodik (penahan kekejangan), antihelmintik (anti cacing) dan antibakteria
    3. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam bunga Rosella lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.Sebagai contoh,setiap 100 gr bunga Rosella mengandung 244,4mg vitamin C,dengan berat yang sama,jeruk hanya mengandung 48 mg,belimbing hanya 25,8 mg sedangkan papaya mengandung 71 mg.Selain kandungan vitamin c yang sangat tinggi
    4. Berdasarkan Menkes RI no.235/men.kes.par/VI/79 kadar tersebut masih memenuhi kandungan herba pada kelopak bunga Rosella dapat mengatasi berbagai macam penyakit termasuk stroke.
    5. Bunga rosella dapat digunakan sebagai bahan pembuatan teh, sirup, selai, manisan dan banyak sekali produk olahan bunga rosella. Untuk menambah variasi bahan olahan bunga rosella dapat dibuat makanan olahan bunga rosella seperi jelly food rosella, minuman seperti jus rosella dan fruittea rosella.
    6. Bahan penting yang terkandung dalam kelopak bunga Roselle : Gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan kinerja usus serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat)
Daftar Pustaka
Pinzon,dr Rizaldi dkk.2010.Awas Stroke. CV AndiOffset:Yogyakarta

SIRUP MENGKUDU MENGATASI DIABETES MELLITUS Syrup Noni Overcome Diabetes Mellitus

Moc. Agus Krisno B, Maratus Rosidah
Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
Jl. Tlogomas 246 Malang Telp 464318
Abstract
            Noni fruit (Morinda citrifolia) has long been recognized by the people of Indonesia. Pale yellow fruiting plants can be found in various regions. Normally grows wild in the yard or the street. Noni has a variety of substances useful to humans. The specialty of this fruit is nempunyai content of scopoletin, serotonin, damnacantal, athraquinon, etc.. very efficient for treating diabetes.
Diabetes is one disease that is common and very familiar in Indonesia. Diabetes occurs because of lack of functioning of the pancreas is not able to produce insulin normally. Diabetes mellitus or diabetes can be caused by congenital or hereditary factors and can also be caused due to poor diet.
If it is acute, the disease is difficult to treat diabetes. One of the diabetes drug that is often used when it is acute diabetes usually inject insulin every day to compensate for the excess glucose that is consumed by the body. I have found no diabetes medication that can cure diabetes completely, but the effort to improve the performance of the pancreas can be performed, one with consumption of Noni.
Key words: Noni Fruit, Diabetes Mellitus
            Abstrak
            Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tumbuhan berbuah kuning pucat tersebut bisa ditemui di berbagai daerah. Biasanya tumbuh secara liar di pekarangan atau pinggir jalan. Buah mengkudu mempunyai berbagai kandungan zat berguna bagi manusia. Keistimewaan buah ini adalah nempunyai kandungan scopoletin, serotin, damnacantal, athraquinon, dan lain-lain. dan sangat efisien untuk mengobati diabetes.
            Diabetes adalah salah satu penyakit yang sering dijumpai di Indonesia. Diabetes terjadi karena kurang berfungsinya pankreas yang tidak mampu menghasilkan insulin secara normal. Diabetes melitus atau kencing manis ini bisa disebabkan karena faktor bawaan atau keturunan dan bisa juga disebabkan karena pola makan yang kurang baik.
            Apabila sudah akut, penyakit diabetes ini sulit diobati. Salah satu obat diabetes yang sering digunakan ketika diabetes sudah akut biasanya dengan menyuntikkan insulin setiap hari untuk mengimbangi glukosa berlebihan yang dikonsumsi oleh tubuh. Memang belum ada obat diabetes yang secara total dapat menyembuhkan diabetes ini, namun upaya untuk memperbaiki kinerja pankreas bisa dilakukan, salah satunya dengan pengkonsumsian mengkudu.
Kata kunci: Buah Mengkudu, Diabetes Melitus

PENDAHULUAN
Mengkudu, tanaman liar khas Indonesia ini tumbuh di hutan dan di halaman-halaman sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tinggi pohonnya bisa mencapai 3 – 8 m. Daunnya tebal dan Iebar, berbentuk lonjong, mengkilat dan letaknya berhadapan. Bunganya kecil berwarna putih berbentuk piala. Buahnya berwarna hijau kekuning-kuningan, bertutul-tutul dan banyak bijinya tetapi setengah bagian lainnya ada juga yang tidak berbiji. Kalau sudah tua menjadi kekuningan dan berbau.
Buah mengkudu/pace (Morinda Citrifolia) atau Noni adalah buah yang merupakan karunia Tuhan bagi alam yang beriklim tropis seperti Indonesia, tanaman mengkudu atau pace adalah tanaman ajaib, karena tanaman ini tumbuh berkembang, menjadi besar dengan menghasilkan buah sebelum berbunga dan justru bunga-bunganya mulai muncul dibuku-buku buah yang ada untuk menunggu proses penyerbukan oleh alam agar bakal buah yang ada dapat menjadi besar dan masak. Keajaiban tanaman mengkudu/ pace tidak diragukan lagi oleh banyak orang dan buah mengkudu dianggap sebagai buah “Kramat” dengan 1001 manfaat, karena banyak memiliki manfaat, kaya akan protein, vitamin, mineral termasuk selenium dan nutrisi, memiliki kandungan anti oksidan yang tiada bandingnya sehingga mampu membangun sistem imun (anti bodi/daya tahan tubuh) yang sangat baik, meningkatkan stamina dan sumber energi, memiliki kandungan zat anti bakteri dan anti jamur yang sangat tinggi, pencegah kanker dan kemampuannya meremajakan sel yang ada, dengan data terbaru yang menyatakan lebih dari 150 jenis flavonoid, mineral, vitamin yang terkandung di dalam buah mengkudu yang disebut buah keramat.
Berbagai penelitian ilmiah dan serangkaian penelitian yang dilakukan oleh para ahli, banyak laboratorium dan lembaga Perguruan Tinggi di dunia telah memberikan bukti atas keajaiban dan keampuhan komponen dan zat-zat yang berkhasiat yang terkandung di dalam buah kramat yang disebut “Mengkudu” oleh karenanya kesimpulan penulis sudah sangat tepat apabila menyebut buah mengkudu sebagai buah yang betul-betul datang dari surga (The Real Fruit From Heaven). Hampir semua komponen tanaman mengkudu dapat dimanfaatkan seperti daunnya untuk sayur dan lalapan juga dipergunakan sebagai bahan obat-obatan karena khasiatnya, bunganya dimanfaatkan untuk obat dan bahan baku obat terutama untuk radang selaput mata, kudis, bisul, sakit tenggorokan dan batuk, kulitnya untuk penyamakan kulit dan pewarna batik. Akarnya dipergunakan sebagai bahan obat-obatan dan buahnya sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, disamping itu buah yang masih mengkal dan tua dapat dimakan untuk campuran rujak bebek.
Mengkudu adalah tanaman tropis dan merupakan tanaman asli Indonesia yang tersebar dari Aceh, Sumatera, Riau, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Irian Jaya, yang dikenal dengan nama setempat seperti Pace, Cengkudu, Mengkudu, Lengkudu, Bangkudu, Pamoris, Manakudu, Bakulu, Laboran, Boja, Kudu, Tibah, Eodo, Aikombo, Neteu, di Amerika disebut noni, di Taiwan dan Korea disebut buah “Dewa”, di Hawai dan Tahiti disebut “Hawai Magic Plant” atau “Tahiti Magic Plant” dan dalam bahasa latin disebut “Morinda Citrifolia”.
Image
Pohon ini termasuk keluarga Rubiaceae dan tanaman yang termasuk keluarga ini diantaranya kopi, soka, kaca piring dan lain-lain, berdaun tebal dengan mahkota bunga warna putih berbentuk corong yang harum dan berkelamin dua. Buahnya termasuk buah batu yang memiliki banyak biji apabila masak memberikan aroma yang sangat menyengat seperti keju busuk, tengik dan rasanya yang sangat tidak enak karena adanya asam kaprik dan asam kaproat yang lepas seperti minyak atsiri.
Buah Mengkudu baru memiliki khasiat yang maksimal apabila buah tersebut sudah tua dan masak dengan menyebarkan aroma yang sangat menyengat karena lepasnya kandungan asam kaprik dan asam kaproat (yang memang berbau menyengat) dan rasanya yang sangat tidak enak, berbusa (seperti makan sabun), oleh karena itu buah mengkudu ini sangat tidak disukai oleh banyak orang dan justru banyak fakta yang memberikan bukti bahwa khasiat dari buah mengkudu itu sangat bergantung dari kandungan asam kaproat dan asam kaprik yang terkandung, artinya makin tinggi kandungan asam kaproat dan asam kaprik akan memberikan manfaat dan khasiat yang makin tinggi sehingga makin tinggi bau menyengat yang terkandung didalam buah mengkudu tersebut, tentu saja akan makin berkhasiat. Meskipun buah mengkudu ini sangat berkhasiat, namun dibalik itu buah ini sangat rentan, mudah tercemar dan dicemari terutama oleh berbagai macam jamur sehingga pengolahan buah mengkudu yang tidak dilakukan secara hati-hati, akan dapat menimbulkan masalah kesehatan.
Manfaat dan Khasiat Mengkudu dan Sirup Mengkudu
Buah mengkudu/pace adalah buah yang merupakan karunia Tuhan bagi alam yang beriklim tropis, dan oleh banyak orang dianggap sebagai buah keramat. Di Taiwan dan Korea di sebut sebagai buah dewa karena khasiatnya yang sangat luar biasa. Di Hawaii, buah mengkudu/pace dikenal dengan sebutan noni dan buah mengkudu/pace yang bernama latin Morinda Citrifolia tersebut dianggap memiliki banyak manfaat, oleh karena itu dianggap sebagai “Hawaii Magic Plant”, karena buah mengkudu/pace dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit dan buah mengkudu/pace adalah buah yang memiliki bau yang sangat menyengat, dengan kandungan biji yang sangat banyak, karena itu tidak disukai orang. Namun dibalik itu, buah mengkudu/pace memiliki kemukjizatan yang sangat luar biasa karena buah mengkudu/pace memiliki karakteristik :
  1. Kemampuan merontokkan dan membersihkan sel-sel mati yang ada di dalam jaringan tubuh kita, termasuk sel mati yang ada di dalam saluran pembuluh darah.
  2. Menjaga dan memelihara sel-sel yang masih hidup.
  3. Menumbuhkembangkan sel-sel baru sebagai pengganti sel-sel yang telah mati.
Karena kemampuannya menumbuhkembangkan sel-sel yang baru sebagai pengganti sel-sel yang telah mati, maka disamping memiliki kemampuan mengobati berbagai macam jenis penyakit, buah mengkudu/pace juga memiliki kemampuan mengkondisikan tubuh kita selalu dalam keadaan sehat. Tidak mudah masuk angin maupun terserang berbagai macam penyakit, apabila dikonsumsi secara rutin. Di Asia secara tradisional buah mengkudu/pace juga dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit, dari diare sampai tumor, karena kemampuannya mengobati gangguan sebagai berikut :
  • Gangguan Pada Tulang dan Kepala
Reumatik, asam urat, vertigo, stroke, gangguan pada sumsum dan saraf di tulang belakang, migrain, susah tidur, rambut rontok.
  • Infeksi Kulit
Bisul, luka bakar, radang dibawah kulit, lecet, alergi, penyakit kulit lainnya.
  • Gangguan Pencernaan
Sakit maag, diare, radang usus, susah buang air besar, ambeien, penyakit gangguan pencernaan lainnya.
  • Gangguan Kewanitaan
Meningkatkan kesehatan pada saat kehamilan dan persalinan, sering kram, gangguan menstruasi, datang bulan sakit & tidak lancar, kista/miyope, keputihan/kandidas.
  • Karena Infeksi
Sakit mata, radang mata, batuk, TBC, asthma, gangguan pernafasan, gusi bengkak, sariawan, sakit gigi, keracunan makanan.
  • Gangguan Penyakit Dalam
Kencing manis/diabetes, darah tinggi, darah rendah, ginjal dan batu ginjal, kandung kemih, turun berok/prostat, sakit jantung, darah kental, darah encer, kekurangan trombosit, lupus, leukimia.
  • Gangguan Lainnya
Kanker, lesu darah, gangguan seksual, polip, katarak, stress, kolesterol, meningkatkan kinerja kelenjar-kelenjar tubuh, kekurangan nutrisi, meningkatkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh, membersihkan darah, membunuh berbagai jenis cacing, penurun panas, menghentikan kebiasaan merokok, menghentikan kecanduan narkoba, menyuburkan rambut, menyeimbangkan hormon, anti bakteri dan anti oksidan, obesitas/kegemukan.
Khasiat Utama
Riset tentang Mengkudu terus berkembang, baik dilakukan oleh para dokter maupun ahli botani dan ahli biokimia. Penelitian difokuskan pada komponen-komponen/ susunan kimia yang dikandung Mengkudu dan efek terapetiknya terhadap berbagai macam penyakit.
Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa sari buah Mengkudu dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, mengatur fungsi sel dan regenerasi sel-sel jaringan tubuh yang rusak. Fakta yang menunjukkan bahwa Mengkudu dapat mengatur sel-sel pada tingkat dasar dan kritis itu mungkin dapat menjelaskan mengapa Mengkudu dapat digunakan untuk berbagai macam kondisi kesehatan.
Para dokter di Amerika sudah memberikan banyak laporan tentang keberhasilan penggunaan sari buah Mengkudu terhadap pasien-pasiennya. Dr. Richard Dicks (dari New Jersey, USA) mengatakan, “kami mulai menyadari bahwa kita harus kembali pada hal yang mendasar dari tubuh kita. Apa yang dimaksud dengan metabolisme dalam tubuh adalah membakar nutrisi. Sari buah Mengkudu melindungi tubuh kita dengan memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.”
Khasiat-khasiat Tambahan
Mengkudu memiliki khasiat-khasiat lain yang belum dibuktikan secara medis, namun secara empiris telah banyak orang yang mengalami perbaikan dan peningkatan kesehatan setelah mengkonsumsi sari buahnya.
Tentang Diabetes Mellitus
Diabetes Melitus merupakan salah satu penyakit tertua pada manusia. Berasal dari istilah kata Yunani, Diabetes yang berarti pancuran dan Melitus yang berarti madu atau gula.
Kurang lebih istilah Diabetes Melitus menggambarkan gejala diabetes yang tidak terkontrol, yakni banyak keluar air seni yang manis karena mengandung gula. Oleh karena demikian, dalam istilah lain penyakit ini disebut juga “Kencing Manis”.
Secara medis, definisi diabetes meluas kepada suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif.
Di bawah ini terdapat beberapa faktor-faktor yang memiliki berperan penting terjadinya hal tersebut:
  • Obesitas, terutama yang besifat sentral (bentuk tubuh apel)
  • Diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat
  • Kurang gerak badan (olahraga)
  • Faktor keturunan (herediter)
Diabetes Melitus tidak menakutkan bila diketahui lebih awal. Gejala-gejal yang timbul sangat tidak bijaksana untuk dibiarkan, karena justru akan menjerumuskan ke dalam komplikasi yang lebih fatal.
Jika berlangsung menahun, kondisi penderita Diabetes Melitus berpeluang besar menjadi ketoasidosis ataupun hipoglikemia. .
Lakukan pemeriksaan dini pada tubuh, tidak perlu menunggu hingga timbul gejala. Karena dengan dilakukan diagnosis dini, dokter dan pasien dapat menanggulangi diabetes melitus dengan baik agar kita mampu mencegah tersebut sebaik-baiknya.
Sirup Mengkudu untuk Penderita Diabetes Mellitus
Khasiat buah mengkudu yang membuatnya sangat populer adalah kemampuan zat aktif alkaloid proxeroninnya dalam menghambat dan mengatasi perkembangan sel kanker.
Buah mengkudu juga terbukti mampu melancarkan kinerja kelenjar-kelenjar di dalam tubuh, mampu meningkatkan proses penyerapan zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan membantu menghambat perkembangan tumor atau kanker, serta mampu mempercepat penyembuhan jaringan kulit yang rusak terbakar atau luka.
Khasiat lain yang telah terbukti secara empiris, di antaranya buah mengkudu cukup mujarab untuk mengatasi hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol, memperbaiki kinerja ginjal, mengurangi gejala alergi. Di samping itu, kandungan adaptogini yang ada di dalamnya membuat buah ini bisa dikonsumsi secara rutin untuk menyegarkan badan.
Jus buah mengkudu efektif untuk menyembuhkan kanker, gangguan pencernaan, kencing manis atau diabetes mellitus, depresi, stress, darah tinggi, dan mampu meningkatkan daya seksual. Buah mengkudu banyak mengandung protein. Sari buah mengkudu berkhasiat merangsang sistem kekebalan tubuh, mengatur fungsi sel jaringan tubuh yang rusak dan sekaligus memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berikut beberapa ramuan buah mengkudu untuk pengobatan:
Menu Sirup Mengkudu:
Image
Siapkan dua buah mengkudu yang sudah masak di pohon dan satu potong gula batu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian kedua bahan tersebut dioplos sampai merata dan disaring. Diminum dan diulangi dua hari sekali.
Penyajian:
Campurkan 2-4 sendok makan sirup mengkudu, gula secukupnya, dengan segelas air panas/hangat. Minum sehari 2 kali.
Kesimpulan
  1. Tanaman mengkudu atau pace adalah tanaman ajaib, karena tanaman ini tumbuh berkembang, menjadi besar dengan menghasilkan buah sebelum berbunga dan justru bunga-bunganya mulai muncul dibuku-buku buah yang ada untuk menunggu proses penyerbukan oleh alam agar bakal buah yang ada dapat menjadi besar dan masak.
  2. Tanaman mengkudu mengandung: protein, vitamin, mineral termasuk selenium dan nutrisi, memiliki kandungan anti oksidan sehingga mampu membangun sistem imun (anti bodi/daya tahan tubuh) meningkatkan stamina dan sumber energi, memiliki kandungan zat anti bakteri dan anti jamur yang sangat tinggi, pencegah kanker dan kemampuannya meremajakan sel yang ada.
  1. Karakteristik buah menkudu:
  • Kemampuan merontoka dan membersihkan sel-sel mati yang ada didalam jaringan tubuh , termasuk sel yang mati yang ada didalam saluran pembuluh darah.
  • Menjaga dan memelihara sel-sel yang masih hidup.
  • Menumbuhkembangkan sel-sel baru sebagai pengganti sel-sel yang telah mati.
  1. Kemampuan buah mengkudu mengobati berbagai macam jenis penyakit, buah mengkudu atau pace dapat mengkondisikan tubuh kita selalu dalam keadaan sehat.
  2.  Gangguan dalam tubuh dapat diobati dengan sirup mengkudu diantaranya: gangguan pada tulang dan kepala, infeksi kulit, gangguan pencernaan, gangguan kewanitaan, infeksi gangguan penyakit dalam(diabetes mellitus/kencing manis, darah tinggi atau rendah, batu ginjal, sakit janyung, lupus, leukimia dan lain-lain) dan penyakit lainnya.
  3. menyiapkan dua buah mengkudu yang sudah masak di pohon dan satu potong gula batu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian kedua bahan tersebut dioplos sampai merata dan disaring. Diminum dan diulangi dua hari sekali.
Daftar pustaka
Bangun, A. P.,DR,MHA dan saworno, 2002 b. Khasiat dan manfaat mengkudu. Agromedia media: jakarta.
Anonymous:2008
Anonymous:2010
Anonymous:2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar