Selasa, 20 April 2010

Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL)

Pengembangan Ekonomi Lokal


Berdasarkan pengembangan kerjasama dalam PEL di Kabupaten Agam Timur dalam Vidio “Bersama Koperasi Membangun Nagari” maka :

     Stakeholders dari program pembangunan Koperasi Konveksi Agam Timur (Koperasi Amor) adalah Pemerintah Daerah Agam Timur, Pengusaha Swasta dan Masyarakat.

Peran masing- masing stakeholders dalam kerjasama tersebut yaitu:
a. Pemerintah Daerah Agam Tmur dalam hal ini yang berperan penuh adalah Departemen Koperasi Agam Timur sebagai kepanjangan tangan pemerintah daerah (fasilitator) untuk menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif dan menampung aspirasi pelaku pelaku usaha kecil. Departemen koperasi membimbing pelaku usaha kecil untuk membawa teman masing masing tiga orang sehingga syarat minimal keanggotaan sejumlah 24 orang calon anggota koperasi terpenuhi.
Dalam membantu berkembangnya Koperasi Amor Departemen Koperasi Agam Timur bekerjasama untuk mengadakan pelatihan dan semiloka sehinga anggota koperasi memiliki wawasan luas dan mampu menjalakan koperasi dengan baik.
Dalam hal membantu pendanaan, pemerintah daerah Kabupaten Agam Timur membantu koperasi dalam memperoleh pinjaman lunak tanpa agunan untuk pendanaan pembangunan pasar dan kemudahan dalam proses perijinan pendirian pasar dan pemenuhan kebutuhan vital fasilitas pasar seperti listrik dari PLN dan Air dari PDAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar